POTENSI DIRI

Assalamualaikum Wr. Wb.

Perkenalkan nama saya Tika Deby Aprilia Ningrum. umur saya sekarang genap 20 tahun. saya anak tunggal dari keluraga kecil saya. saat ini saya berkerja dan berkuliah di Universitas Esa Unggul sedang berjalan di semester 3.

Pada Kesempatan kali ini, saya akan menceritakan secara singkat latar belakang tentang diri saya. Saya adalah tipe orang yang humble dan mudah akrab atau welcome bahasa gaulnya. Saya adalah tipe orang yang berani menyampaikan pendapat dan berbicara depan umum. Saya memiliki hobi bernyanyi. Pada saat saya duduk dibangku SMP saya banyak mengikuti lomba lomba seperti FLS2N, lomba antar sekolah SMP se tangerang dan saat saya SMK saya mengikuti lomba Teater dan dimana saya mendapatkan peran yang besar, juga saya mengikuti lomba musikalisasi puisi saat saya SMK. Saya terus mengasah hobi dan bakat yang sudah Tuhan berikan kepada saya.

Saya juga tipe orang yang agak tidak percaya diri saat di kritik oleh orang, nyali saya langsung down, krna memakan omongan orang lain padahal saya berdiri dikaki saya sendiri.

Saya juga mempunyai kemampuan lingustik, dimana saya senang berbicara depan umum, berpendapat dan rapat rapat organisasi. Saat sama SMP saya mengikuti OSIS, saya sangat senang berkerja sama dalam organisasi. Membuat rencana kerja kedepan, membuat acara besar. Dan bahkan saya SMK saya menjadi ketua OSIS saya cukup senang bisa dipercaya oleh teman-teman saya. Program kerja saya berjalan dengan baik dan anggota anggota saya. Saya cukup aktif saat sekolah mengikuti OSIS dan ekstrakulikuler. Karena itu adalah salah satu menggali potensi diri kita dan mengasah kemampuan kita.

Keberhasilan dan kegagalan itu jelas ada. Namun memahami potensi dan keadaan yang ada mampu membuat pikiran kita terus bersinergi melakukan hal baik dengan cara terbaik.

contohnya seperti sekarang ini menulis blog. Saya tidak suka menulis, saya tidak suka shareing melalui tulisan tapi saya buat blog ini supaya orang orang bisa baca dan menilai potensi dirinya. Semakin kita paham potensi diri kita semakin kita percaya diri.

Orang sukses adalah orang dapat yang mengenali dirinya sendiri. Banyak orang yang gagal dalam hidup karena tidak mengenal dirinya sendiri. Padahal, dengan mengenal diri sendiri, Anda akan mengetahui kelebihan, kemampuan, potensi dan kekurangan diri. Sehingga Anda dapat memetakan secara strategis dimana potensi diri bisa digali dan dikembangkan. Disamping itu, kelebihan diri akan menjadi pemacu rasa percaya diri dan kekurangan diri dapat ditutupi bahkan diperbaiki secara perlahan.
Jika Anda dapat melihat kelemahan diri sendiri, maka Anda dapat berbenah diri untuk meraih prestasi dan kemajuan bagi pengembangan karir. Dengan mengenal diri maka kita akan mampu membuat pilihan-pilihan secara jelas, obyektif

dan terukur sehingga menjadikan pribadi yang lebih baik dalam mengambil keputusan dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Kesimpulanya adalah tidak ada manusia yang terlahir langsung dengan kemampuan yang luar biasa. Semua manusia yang memiliki potensi diri yang hebat berawal dari jatuh bangun dengan pengalaman masing-masing setiap orang. Semua itu butuh proses untuk mencapai keberhasilan menggali potensi diri. Jadi, galilah potensi diri kalian dari sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk menggali potensi diri.

 Sekian pengalaman pribadi mengenai menggali potensi diri. Semoga tulisan ini dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi pembaca. Mohon maaf jika ada kesalah dalam penulisan ini.



Beberapa cara mengenali potensi dalam diri kita, yaitu:

Jangan Mengadili Diri Terlebih Dahulu

Jangan terlalu menyesali diri sendiri ketika mengalami sebuah kegagalan. Mungkin Anda telah berusaha dan mengalami kegagalan, namun carilah solusi dan cari nilai positif dari kegagalan tersebut agar Anda mengetahuinya. Daripada menyesali suatu kesalahan alangkah baiknya jka Anda menggunakan energi dan waktu untuk bangkit kembali dengan proses yang berbeda setelah mempelajari dari kegagalan yang ada.

Luaskan Visi Anda

Jangan terlalu cepat puas dengan suatu hasil yang Anda raih. Tantanglah diri Anda sendiri untuk mendapatkan hasil yang lebih luas diluar kemampuan yang Anda miliki. Dengan begitu Anda akan mengetahui hal-hal baru, karena Anda telah meluaskan sebuah visi. Anda dapat membayangkan ketika Anda mencapai sebuah kesuksesan, hadiah apa yang dapat Anda berikan kepada misal orang tua atau kerabat, kemudian mulailah bergerak dan mewujudkan angan-angan tersebut.

Temukan Sisi Kejeniusan Anda

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap manusia memiliki kemampuan yang berbeda-beda yang telah dianugerahkan dari Tuhan Yang Maha Esa. Nah untuk itu Anda harus menggalinya sendiri, dengan kejeniusan yang Anda miliki. Untuk mencari tahu memanglah susah, namun Anda dapat mengetahuinya satu persatu dengan ketertarikan pada sesuatu. Mengatasi kelemahan pada diri sendiri agar dapat bergerak maju dan juga berkompetensi. Hal ini tentu dapat berguna bagi Anda untuk mengeluarkan kemampuan tersembunyi.

Berdoalah dan Yakin

Tips mengenali potensi yang terakhir adalah dengan yakin dan berdoa kepada Tuhan agar dapat menemukan jalan yang baik. Dengan usaha yang keras dan dibantu dengan doa, maka tidak ada yang mustahil untuk terjadi. Hal ini berlaku pada mengenali potensi sejauh mana yang dimiliki pada diri sendiri. Oleh karena itu selain usaha, diperlukan juga doa dan keyakinan terhadap potensi diri sendiri.

Nah itulah tadi beberapa tips mengenali potensi diri, jika Anda belum mengetahui potensi diri Anda sebaiknya carilah dengan cara menggalinya agar dapat keluar potensi tersebut.

Potensi yang ada dalam diri saya adalah bisa dalam hal memasak.  Meskipun tidak semua jenis makanan dapat saya olah, namun beberapa jenis makanan pun dapat saya sajikan menjadi makanan yang lezat. Misalnya saja memasak sayur, kue, dan makanan yang di goreng. Mungkin potensi saya dalam memasak ini belum cukup baik, namun saya yakin dan percaya apabila potensi dalam diri saya ini terus digali, maka tidak menutup kemungkinan akan lebih banyak lagi jenis makanan yang dapat saya buat.

Selain itu saya bisa dalam hal olahraga, misalnya saja bulu tangkis. Saya sering mengikuti latihan bulu tangkis bersama teman-teman saya di gor dekat rumah saya. dahulu saya tidak begitu pandai bermain bulu tangkis namun setelah terus berlatih, saya sudah mulai mengerti teknik untuk bermain bulu tangkis dengan baik.

Potensi dalam diri kita memang belum sepenuhnya langsung terbentuk, semua nya membutuhkan proses agar potensi dalam diri kita dapat terbentuk. Salah satu nya adalah dengan terus berlatih dengan tekun, maka lama kelamaan potensi atau bakat yang kita miliki pun akan terus berkembang bahkan dapat membawa kita pada kesuksesan yang besar apabila kita mengolahnya dengan baik.

💪

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjadi Pengusaha, Siapa Takut...Jadi Konglomerat Pasti Bisa

My Idea Bussines (T-shirt)

KESEIMBANGAN LINGKUNGAN - SMK KESATUAN JAKARTA BARAT (KELOMPOK 6)