Sumber - Sumber Ide Bisnis

 




Memilih ide yang akan digunakan untuk memulai wirausaha memang selalu bisa membuat bingung. Padahal ide adalah cikal bakal dari konsep usaha yang akan kita bangun. Inilah alasan mengapa ide dalam bisnis itu penting. Mendapatkan ide baru dalam berbisnis memang sangat menguntungkan. Memilih ide yang tepat dapat membawa kita menuju sumber bisnins yang menjanjikan. Apalagi jika sebuah ide dipadukan dengan peluang usaha yang ada, bisa jadi bisnis yang dirintis akan cepat berkembang dan lebih maju.

 

Ide merupakan sebuah konsep dan gagasan dari hasil pemikiran seseorang. Dalam dunia usaha ide merupakan suatu gagasan yang digunakan sebagi rancangan awal sebuah bisnis untuk menentukan arah kedapan usaha tersebut supaya dapat maju dan berkembang. Memilih ide untuk berbisnis sama halnya memilih jalan yang akan ditempuh. Jalan tersebutlah yang akan membawa kita untuk mencapai tujuan tertentu. Jika salah memilih jalan, maka secara otomatis tujuan yang akan dicapai tidak akan dapat terealisasikan.

 

Memilih ide memang benar-benar harus jeli. Selain membutuhkan gagasan, untuk menentukan suatu bisnis juga memerlukan buah pemikiran yang matang. Seorang pelaku usaha harus mampu menangkap ide dari peluang usaha yang cocok dengan kemampuannya supaya menghasilkan konsep wirausaha yang mapan. Memadukan ide dan kemampuan yang dimiliki sangatlah amat penting untuk mengarungi kerasnya dunia bisnis. Untuk itu pelaku usaha dituntut untuk mampu mencari sumber ide yang pas dan relevan dengan kemampuannya.

 

Sumber-sumber ide bisnis dapat diketahui dari :

1.      Kemampuan yang dimiliki, yaitu keahlian diri yang dapat dijadikan sebuah ide bisnis, yang berbekal dari keahlian dan kreativitas.

2.      Sesuatu yang sedang tren, Tren akan membawa kita pada peluang bisnis yang menjanjikan, namun tren ini harus dikelola dengan inovasi agar tidak terjadi kebosanan.

3.      Memberikan nilai tambah suatu produk, yaitu membuat produk yang telah ada menjadi lebih berdaya guna.

4.      Membuat riset dan penelitian dipasaran yaitu dengan cara mencari tahu peluang apa yang dapat dijadikan sebuah usaha berdasarkan hasil pengamatan.

5.      menciptakan produk dan jasa baru, yaitu menghasilkan sesuatu yang benar-benar baru dan belum ada sebelumnya.

Bagaimana cara mencari peluang usaha yaitu : 

- Mengamati lingkungan sekitar, apakah ada produk yang diperlukan oleh masyarakat namun belum tersedia di daerah tersebut, Misalnya banyak masyarakat yang membutuhkan air mineral, namun untuk mendapatkannya harus menempuh jarak yang cukup jauh.

 

Lingkungan bisnis atau biasa dikenal dengan business environment dibagi menjadi 2 yaitu : 

- Lingkungan internal terdiri dari 3 aspek penting yaitu : Sumber daya atau bahan baku, kapabilitas perusahaan, dan keahlian utama perusahaan. 

- lingkungan eksternal terdiri dari 5 faktor penting yaitu : ancaman produk serupa, ancaman produk pengganti, daya tawar dari pelanggan, daya tawar dari suplier dan menjawab tantangan pesaing bisnis.

Kesimpulan bahwa analisis lingkungan bisnis dapat bermanfaat untuk menciptakan peluang baru usaha dengan mempertimbangkan aspek-aspek penting di dalamnya.

 

 

Komentar

  1. TITIAN ROCKET - Titanium Metal Engineering and Engineering
    TITIAN ROCKET. GOLDEN-STEAD-SEED-ROAD-CURRENT-STARS. TITIAN titanium vs stainless steel apple watch ROCKET titanium ion color is a mining titanium ingot operation titanium hammers which produces welding titanium high quality materials and

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjadi Pengusaha, Siapa Takut...Jadi Konglomerat Pasti Bisa

My Idea Bussines (T-shirt)

KESEIMBANGAN LINGKUNGAN - SMK KESATUAN JAKARTA BARAT (KELOMPOK 6)