"Pitch Deck"

Assalamualaikum Wr. Wb haiii guyss... kali ini aku bakal bahas “Pitch Deck”  untuk tugas kewirausahaan aku yang ke 11.



Apa itu Pitch Deck ?

Pitch deck adalah sebuah presentasi singkat yang menjelaskan gambaran umum mengenai rencana bisnismu. Dengan bantuan tersebut, kamu bisa menjelaskan seperti apa produkmu kepada calon investor dan membuat mereka tertarik memberikan pendanaan untuk bisnismu.

Istilah pitching dalam suatu perencanaan atau pengembangan sebuah ide bisnis atau startup biasanya digunakan untuk menginformasikan atau mempresentasikan sebuah ide bisnis kepada calon investor. Secara umum pitching tidak selalu ditujukan pada tujuan-tujuan keuangan semata, namun dapat juga digunakan untuk menginformasikan atau melempar sebuah ide bisnis kepada calon pengguna (customer), co-founder (mitra bisnis), mitra usaha atau pihak-pihak lain yang dianggap dapat membantu atau menunjang pengembangan dari sebuah ide bisnis. Sedangan Pitch Deck biasanya didefinisikan ataupun diartikan sebagai presentasi singkat yang menggambarkan rencana bisnis dari sebuah bisnis atau starup. Pitch deck mempunyai peran yang sangat penting, bahkan biasanya dianalogikan sebagai sebuah ‘senjata” yang digunakan seorang founder dari sebuah ide bisnis untuk menjamin kesuksesan implementasi ide tersebut menjadi sebuah riil bisnis atau startup.

Apa tujuan dari Pitch Deck ?

Memperhatikan tujuan umum penyusunan pitch deck, yakni digunakan untuk menginformasikan atau melempar sebuah ide bisnis kepada calon pengguna (customer), co-founder (mitra bisnis), mitra usaha atau pihak-pihak lain yang dianggap dapat membantu atau menunjang pengembangan dari sebuah ide bisnis, maka pitch deck dapat digunakan di setiap tahapan siklus bisnis atau startup.

Apa manfaat dari Pitch Deck ?

Tak hanya untuk menjelaskan rencana bisnis, pitch deck juga bisa kamu gunakan saat bertemu dengan perusahaan lain untuk bekerja sama atau orang yang akan menjadi calon co-founder. Tujuan dari dibuatnya pitch deck adalah untuk menarik investor agar mau membiayai atau mendanai startup yang dibuat.

Apa unsur-unsur dari Pitck Dack ?

Agar tujuan penyusunan sebuah pitch deck dapat dicapai secara optimal, maka perlu diperhatikan beberapa unsur-unsur pendukung sebuah pitch deck. Pada umumnya, unsur-unsur yang terdapat disebuh pitch deck adalah sebagai berikut;

1. Cover; A one-line that defines your business

2. Problem; Illustrate the pain point

3. Solution; Describe how your solution makes your customers happy and does it

better than others

4. Market Size; How big? How attractive? Which segment?

5. Product; Product line-up and its Unique Selling Point

6. Business Model; How you monetize the business and create long-term value for

customer

7. Go to Market; How do you get customets?

8. Competition; Position, Differentiation and your competitive advantages

9. Traction; Achievement, Financial and Customer Qouters

10.Team; Why are you the right team to execute the plan

11.Call for Action; List out all your ASKs. How Much? For What?

12.Close; Sum up + contact to reach you quickly

Apa saja tips dan trik dari Pitch Deck ?

1. Elevator Pitch of The Company

Apa sih elevator pitch itu? elevator pitch adalah sebuah sebuah presentasi atau statement singkat tentang startup kalian diawal presentasi. Biasanya sekitar 20 detik – 30 detik diawal presentasi. Elevator pitch ini sangatlah penting, karena ini adalah langkah ‘hidup & mati‘ apakah investor akan tertarik dengan startup anda atau tidak.

Elevator pitch harus meliputi tentang apakah startup kamu, solusi apa yang ingin ditawarkan dan dimanakah kalian akan bersaing.

2. Market Overview dan Opportunity

Ciri – ciri pitch deck yang baik & bagus tentu harus memiliki gambaran tentang market startup kalian & peluangnya. Seperti niche market mana yang ingin kamu masuki? berapa besar pasar tersebut? apa solusi yang ditawarkan untuk memecahkan masalah tersebut? Lebih bagus lagi jika kamu mendapatkan data – data dari sumber yang terpercaya.

3. The Solution

Tentu pada pitch deck, kamu harus menjelaskan solusi yang kamu tawarkan. Lebih bagus lagi jika kamu memiliki prototype atau demo yang sudah berjalan. Sehingga investor pun dapat lebih yakin terhadap solusi yang kalian berikan.

4. Business Model

Jelaskanlah business model startup kalian dengan sesingkat – singkatnya dan sangat jelas. Bisnis model sangatlah diperlukan untuk para investor lebih mengetahui & memahami seperti apa startup kalian. Jelaskan juga dengan singkat bagaimana startup kalian akan memperoleh keuntungan dengan bisnis model startup kalian. Lebih baik lagi jika kamu sudah mengetahui tentang subscription feemarginreferral feelicensing fee, etc dalam industri yang kamu masuki.

5. Team

Tidak hanya sebuah ide & opportunity yang menarik pada pitch deck startup kamu. Tetapi kalian juga harus menceritakan tentang anggota tim startup kalian. Walaupun mungkin startup founder tersebut belum memiliki pengalaman membangun startup, tetapi para investor membutuhkan alasan yang kuat mengapa mereka harus menginvestasikan sejumlah uang kepada kalian & alasan mengapa kalian adalah orang – orang yang tepat di startup tersebut. Ceritakan visi & misi dari diri kalian dan apa saja yang telah kalian lakukan sesuai dengan visi misi startup tersebut.

6. Traction & Strategy

Jelaskanlah kepada investor bagaimana performa startup kalian sejauh ini. Setidaknya ada 3 pembagian grup untuk bagian performa ini;

  • Topline; Jelaskanlah tentang pertumbuhan startup kalian yang berhubungan dengan supply & demand. Contohnya jika kalian sebuah startup dibidang app transportasi, jelaskanlah bagaimana pertumbuhan pengguna app kalian dengan pertumbuhan jumlah driver yang kalian miliki.
  • Marketing; Jelaskanlah bagaimana user acquition performance startup kalian. Berapa biaya yang dikeluarkan untuk mengakusisi setiap customer dan bagaimana peran customer tersebut untuk mendukung topline.
  • Profit / bottomline; Jelaskanlah bagaimana startup kalian mengelola keuangan dan gambaran untuk mencapai keuntungan (profit). Walaupun hampir semua startup belum memiliki profit, tetapi investor dapat mengetahui bagaimana  proses startup tersebut menuju keuntungan (profit).

7. Competitive Edge

Pitch deck startup yang bagus & baik harus memiliki gambaran tentang persaingan pada industri yang kalian masuki. Pastinya, startup kalian juga harus memiliki daya tarik tersendiri untuk menjelaskan mengapa startup kalian lebih baik diantara para pemain yang ada di industri tersebut.

8. Fund Rising Needs and Plan

Salah satu bagian terpenting dalam pitch deck startup adalah bagaimana startup founder harus menjelaskan berapa banyak dana yang dibutuhkan kepada investor. Pada bagian ini, kamu juga harus menjelaskan bagaimana kamu akan mengelola dana tersebut dengan detail & hasil apa yang akan kalian dapatkan dengan dana tersebut.

Jadi itu guys sedikit pembahasan dari pitch deck, jadi pitch deck itu kesimpulannya adalah sebuah presentasi singkat yang menjelaskan gambaran umum mengenai rencana bisnismu. Dengan bantuan tersebut, kamu bisa menjelaskan seperti apa produkmu kepada calon investor dan membuat mereka tertarik memberikan pendanaan untuk bisnismu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjadi Pengusaha, Siapa Takut...Jadi Konglomerat Pasti Bisa

My Idea Bussines (T-shirt)

KESEIMBANGAN LINGKUNGAN - SMK KESATUAN JAKARTA BARAT (KELOMPOK 6)