PROPOSAL PMK KEWIRAUSAHAAN

 

PROPOSAL PKM KEWIRAUSAHAAN

USAHA :

FOOD AND BAVERAGE (BURGER)

 


 

 

DI SUSUN OLEH :

TIKA DEBY APRILIA NINGRUM                       20190102058

 

 

 

 

UNIVERSITAS ESA UNGGUL

JAKARTA

2021

Contents

BAB I. 2

PENDAHULUAN.. 2

Latar Belakang. 2

Visi 2

Misi 2

Tujuan usaha. 2

1.1 Produk. 2

1.2 Tujuan. 2

1.3 Analisis Peluang Usaha. 2

1.4  Marketing Mix (Bauran Pemasaran). 2

BAB II. 2

PEMBAHASAN.. 2

2.1 Analisis  SWOT.. 2

2.2 Bahan Baku. 2

2.3  Anggaran bahan baku. 2

2.4 Proses Pembuatan. 2

2.5 Dokumentasi 2

BAB III. 2

PENUTUP. 2

3.1 Kesimpulan. 2

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Aspek Bisnis dan wirausaha adalah aspek yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi baik secara makro maupun mikro. Dilandasi oleh keinginan meningkatkan tingkat ekonomi, banyak orang yang ingin menjadi wirausahawan. Namun dalam memulai suatu usaha banyak sekali hambatan dan rintangan untuk tercapainya suksesnya suatu wirausaha. Tidak sedikit wirausaha yang berhenti ditengah jalan akibat kurangnya perencanaan dan tidak tepatnya analisa pasar terkait pengembangan usaha yang dilakukan. Oleh karena itu diperlukan banyak pertimbangan yang matang untuk mendirikan suatu usaha agar usaha tersebut bisa terus berkembang dengan baik dan dapat diterima oleh pasar.

Untuk itu perlu dilakukan kajian mendalam terkait bagaimana suatu produk dapat dikembangkan dan dipasarkan kepada masyarakat, dalam hal ini penulis akan mengkaji produk fastfood yaitu Burger, bagaimana peluang bisnis, dan bagaimana alur produk makanan tersebut dibuat sampai diterima oleh konsumen.

Visi

Visi usaha kami adalah menjadikan usaha yummy burger ini dikenal masayarakat, lebih disukai semua kalangan dan memberi pendekatan pada masayarakat bahwa burger adalah buakn hanya makanan yang lezat tetapi juga bisa diolah dengan banyak menu. selain itu visi kami membuat usaha kami ini bermanfaat bagi lingkungan sekitar dengan membuka banyak lapangan kerja, dan memotivator banyak orang untuk bisa menjadi seorang pengusaha, terutama kaum remaja dan anak-anak muda.

Misi

a) Menciptakan image yummi burger agar cepat dikenal oleh seluruh masyarakat dengan tag line atau jargon untuk usaha kami ini yaitu “Yummy.. sudah pasti Yummy Burger”

b) Menjadi burger terlaris & paling digemari (memberikan burger yang berkualitas baik, rasa yang disukai konsumen & pelayanan yang menyenangkan).

Tujuan usaha

a) Memenuhi kebutuhan akan makanan yang cepat saji dan terjangkau bagi masyarakat pada umumnya dan bagi anak-anak, pelajar dan mahasiswa pada khususnya. b) Menumbuhkan semangat kewirausahaan dalam diri pengusaha guna menciptakan usaha baru secara profesional dan terlatih serta dapat menciptakan lapangan pekerjaan. c) Sebagai bahan masukan dan bahan pertimbangan bagi teman-teman mahasiswa yang akan membahas masalah kewirausahaan.

1.1 Produk

  Produk yang akan coba dipasarkan adalah produk fastfood yaitu Burger, Burger ini merupakan produk yang sangat mudah dibuat dan dipasarkan, serta memiliki banyak sekali peminatnya, mulai dari orang dewasa sampai anak kecil. Dari sisi harga produk kami relative unggul karena produk kami sangat terjangkau dan target pemasaran dari produk kami yaitu anak anak dan pelajar.

1.2 Tujuan

Tujuan dibuatnya proposal ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan Burger, apa saja bahan dan peralatan serta modal yang dibutuhkan, lalu untuk mengetahui bagaimana peluang Burger itu untuk dipasarkan.

1.3 Analisis Peluang Usaha

Semua proses produksi telah dilakukan, dari mulai pemilihan bahan baku yang baik sampai kepada packing, kemudian yang akan kami lakukan yaitu mencari peluang usaha. Dalam memulai usaha apapun, maka yang harus diketahui adalah peluang pasar yang dapat menerima produk kami ini. Peluang usaha sudah merupakan kunci penting dalam proses pemasaran karena pemasaran akan berjalan dengan lancar apabila sudah mendapatkan peluang usaha yang kita inginkan.

          Kami akan menjual mini burger ini di tempat yang cukup ramai, yang banyak dikenal dan dilalui banyak orang, dengan seperti itu maka keripik kami ini akan lebih cepat dikenal banyak lapisan masyarakat.

 

1.4  Marketing Mix (Bauran Pemasaran)

1.      PRODUCT

Brand              :  Mini Burger 

Quality                        :  Tanpa Bahan Pengawet

Packing           :  Menggunakan kertas pembungkus makanan dan Styrofoam

2.      PRICE

 Price List        :  Rp. 5000,- / Burger

3.      PROMOTION

Personal Selling, menjual kepada pelanggan secara langsung. Melalui penjualan langsung, cara ini lumayan efektif karena langsung bertemu dengan pembelinya dan bisa langsung promosikan makanan yang dijual.

4.      PLACE

Dilihat dari promosi makanan yang cepat laku adalah pada tempt ramai seperti pasar, sekolah, kampus, kantor, itu adalah tempat yang paling strategis untuk mempromosikan barang dagangan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Analisis  SWOT

Berikut ini adalah analisis SWOT terkait produk Burger yang menggambarkan kelebihan-kelebihan, kekurangan, peluang, dan pesaing-pesaing untuk produk yang sejenis.

1.    Kekuatan (Strengths)

Kelebihan produk burger adalah pada kepraktisan, dan pada komposisinya yang membuat produk burger ini cukup mengenyangkan untuk jadi sebuah jajanan. Harga mini burger ini cukup terjangkau oleh kalangan masyarakat terutama untuk anak anak dan pelajar.

Kualitas dari mini burger ini terjamin, karena dalam proses pembuatannya diutamakan kebersihan dan sesuai standar kesehatan, Rasa yang lezat dengan paduan roti berisi daging dan sayuran membuat banyak penikmatnya. Dan mini burger ini dapat menjadi salah satu alternatif makanan ringan yang praktis dan hemat

2.    Kelemahan (Weaknesses)

Kelemahan produk burger ini adalah bahan baku burger  yang mudah rusak. Bahan baku untuk membuat burger ini  akan mudah rusak jika penyimpanan yang dilakukan sembarangan atau tidak disimpan di dalam lemari es.

3.    Kesempatan (Opportunities)

Kondisi masyarakat yang semakin konsumtif sehingga mempermudah kami untuk memasarkan produk. Dengan harga yang terjangkau sehingga banyak diminati setiap orang dari mulai anak-anak, dewasa maupun orang tua.

Peluang-Peluang yang dimiliki oleh produk burger masih sangat terbuka lebar, walaupun banyak sekali jajanan yang ada sekarang ini, namun produk burger selalu memiliki penikmat sendiri.

4.    Ancaman (Threats)

Ancaman-ancaman sangat banyak, seperti diketahui bahwa jajanan selain burger sangat banyak dipasarkan sekarang ini. Disertai dengan Jumlah kompetitor yang terus meningkat serta  Munculnya produk baru yang lebih ungggul

2.2 Bahan Baku

Bahan baku untuk pembuatan produk burger dapat dirinci sebagai berikut

Bahan-bahan untuk membuat Burger :

·         Roti burger

·         Daging olahan (mini beef burger)

·         Sayuran (Selada, Timun, dan Tomat)

·         Margarine

·         Saus tomat

·         Saus cabai

·         Mayonnaise

Bahan untuk packing :

·         Styrofoam

·         Plastik

Alat untuk membuat Burger:

·         Kompor

·         Gas

·         Wajan atau Teflon

·         Pisau

·         Penjepit makanan

 

2.3  Anggaran bahan baku

 

Bahan bahan (untuk 40pcs Burger)

Harga

Roti burger @ 40pcs

Rp 24.000

Daging olahan (mini beef burger) @ 40pcs

Rp 16.000

Sayuran (Selada, Timun, dan Tomat)

Rp 10.000

Margarine (1 kg)

Rp 16.000

Saus tomat (1 kg)

Rp 15.000

Saus cabai (1 kg)

Rp 15.000

Mayonnaise (1 kg)

Rp 24.000

Bahan packing (Styrofoam & plastik) @40pcs

Rp 10.000

 

 

Alat untuk membuat (Fixed Cost)

(Tidak Dianggarkan)

Total Variabel Cost

Rp 130.000

 

Perkiraan Laba/Rugi

Modal sejumlah Rp. 130.000,- mampu untuk memproduksi 40 Burger

HPP     =  Modal : Produksi

= Rp. 130.000 : 40

= Rp. 3.250,-

Laba yang diinginkan 53,85%            = Laba x HPP

                                                            = 53,85%  x Rp. 3.250,-

                                                            =  Rp. 1.750,-

Harga Jual (per porsi)              = Total Laba (Rp) + HPP

= Rp. 1.750,- + Rp. 3.250,-

                                                = Rp. 5.000,-/porsi

Keuntungan yang didapat berhasil menjual 40pcs Burger

Laba / porsi                             = Rp. 1.750,- x 40

= Rp. 70.000,-

2.4 Proses Pembuatan

Langkah-langkah dalam pembuatan mini burger :

·         Panaskan wajan atau Teflon

·         Olesi permukaan Teflon dengan margarine secukupnya

·         Masukan beef burger panggang hingga matang

·         Kemudian olesi roti dengan margarine lalu panggang roti sebentar dengan api kecil.

·         Ada dua bagian roti atas dan bawah. Bagian atas dan bawah roti diolesi saus tomat dan cabai serta mayonnaise

·         Lalu bagian bawah roti disusun , setelah roti bagian bawah kemudian selada, irisan tomat dan irisan timun lalu beef burger yang sudah di panggang tadi dan kemudian ditutup dengan roti bagian atas.

·         Burger siap dihidangkan dan dipacking

 

 

2.5 Dokumentasi

 












 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas maka kesimpulan yang dapat digambarkan mengenai proposal usaha makanan ringan ini yaitu mini burger  bahwa agar produk yang akan dipasarkan ini bisa diterima oleh seluruh kalangan.

Dalam memulai usaha apapun, maka yang harus diketahui adalah peluang pasar yang dapat menerima produk kami ini. Peluang usaha sudah merupakan kunci penting dalam proses pemasaran karena pemasaran akan berjalan dengan lancar apabila sudah mendapatkan peluang usaha yang kita inginkan.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjadi Pengusaha, Siapa Takut...Jadi Konglomerat Pasti Bisa

My Idea Bussines (T-shirt)

KESEIMBANGAN LINGKUNGAN - SMK KESATUAN JAKARTA BARAT (KELOMPOK 6)