PROPOSAL PMK KEWIRAUSAHAAN
PROPOSAL PKM KEWIRAUSAHAAN
USAHA :
FOOD AND BAVERAGE (BURGER)
DI SUSUN OLEH :
TIKA DEBY APRILIA NINGRUM 20190102058
UNIVERSITAS ESA UNGGUL
JAKARTA
2021
Contents
1.4 Marketing Mix (Bauran Pemasaran)
BAB I
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Aspek Bisnis
dan wirausaha adalah aspek yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan
ekonomi baik secara makro maupun mikro. Dilandasi oleh keinginan meningkatkan
tingkat ekonomi, banyak orang yang ingin menjadi wirausahawan. Namun dalam
memulai suatu usaha banyak sekali hambatan dan rintangan untuk tercapainya
suksesnya suatu wirausaha. Tidak sedikit wirausaha yang berhenti ditengah jalan
akibat kurangnya perencanaan dan tidak tepatnya analisa pasar terkait
pengembangan usaha yang dilakukan. Oleh karena itu diperlukan banyak
pertimbangan yang matang untuk mendirikan suatu usaha agar usaha tersebut bisa
terus berkembang dengan baik dan dapat diterima oleh pasar.
Untuk itu perlu dilakukan kajian
mendalam terkait bagaimana suatu produk dapat dikembangkan dan dipasarkan
kepada masyarakat, dalam hal ini penulis akan mengkaji produk fastfood yaitu
Burger, bagaimana peluang bisnis, dan bagaimana alur produk makanan tersebut
dibuat sampai diterima oleh konsumen.
Visi
Visi usaha kami adalah menjadikan usaha yummy
burger ini dikenal masayarakat, lebih disukai semua kalangan dan memberi
pendekatan pada masayarakat bahwa burger adalah buakn hanya makanan yang lezat
tetapi juga bisa diolah dengan banyak menu. selain itu visi kami membuat usaha
kami ini bermanfaat bagi lingkungan sekitar dengan membuka banyak lapangan
kerja, dan memotivator banyak orang untuk bisa menjadi seorang pengusaha,
terutama kaum remaja dan anak-anak muda.
Misi
a) Menciptakan image yummi burger agar cepat dikenal oleh seluruh
masyarakat dengan tag line atau jargon untuk usaha kami ini yaitu “Yummy..
sudah pasti Yummy Burger”
b) Menjadi burger terlaris & paling digemari (memberikan burger
yang berkualitas baik, rasa yang disukai konsumen & pelayanan yang
menyenangkan).
Tujuan
usaha
a) Memenuhi kebutuhan akan makanan yang cepat
saji dan terjangkau bagi masyarakat pada umumnya dan bagi anak-anak, pelajar
dan mahasiswa pada khususnya. b) Menumbuhkan semangat kewirausahaan dalam diri
pengusaha guna menciptakan usaha baru secara profesional dan terlatih serta
dapat menciptakan lapangan pekerjaan. c) Sebagai bahan masukan dan bahan
pertimbangan bagi teman-teman mahasiswa yang akan membahas masalah
kewirausahaan.
1.1 Produk
Produk yang akan coba dipasarkan adalah produk fastfood yaitu Burger,
Burger ini merupakan produk yang sangat mudah dibuat dan dipasarkan, serta
memiliki banyak sekali peminatnya, mulai dari orang dewasa sampai anak kecil.
Dari sisi harga produk kami relative unggul karena produk kami sangat
terjangkau dan target pemasaran dari produk kami yaitu anak anak dan pelajar.
1.2 Tujuan
Tujuan
dibuatnya proposal
ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan Burger, apa saja bahan
dan peralatan serta modal yang dibutuhkan, lalu untuk mengetahui bagaimana
peluang Burger itu untuk dipasarkan.
1.3 Analisis Peluang Usaha
Semua proses
produksi telah dilakukan, dari mulai pemilihan bahan baku yang baik sampai
kepada packing, kemudian yang akan kami lakukan yaitu mencari peluang
usaha. Dalam memulai usaha apapun, maka yang harus diketahui adalah peluang
pasar yang dapat menerima produk kami ini. Peluang usaha sudah merupakan kunci
penting dalam proses pemasaran karena pemasaran akan berjalan dengan lancar
apabila sudah mendapatkan peluang usaha yang kita inginkan.
Kami akan menjual
mini burger ini di tempat yang cukup ramai, yang banyak dikenal dan dilalui
banyak orang, dengan seperti itu maka keripik kami ini akan lebih cepat dikenal
banyak lapisan masyarakat.
1.4 Marketing Mix (Bauran
Pemasaran)
1. PRODUCT
Brand : Mini Burger
Quality : Tanpa Bahan Pengawet
Packing : Menggunakan kertas pembungkus makanan dan
Styrofoam
2. PRICE
Price
List : Rp. 5000,- / Burger
3. PROMOTION
Personal
Selling, menjual kepada pelanggan secara langsung. Melalui penjualan langsung,
cara ini lumayan efektif karena langsung bertemu dengan pembelinya dan bisa
langsung promosikan makanan yang dijual.
4. PLACE
Dilihat dari promosi makanan yang cepat laku adalah
pada tempt ramai seperti pasar, sekolah, kampus, kantor, itu adalah tempat yang
paling strategis untuk mempromosikan barang dagangan.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Analisis
SWOT
Berikut ini adalah analisis SWOT terkait produk Burger yang menggambarkan kelebihan-kelebihan, kekurangan, peluang, dan
pesaing-pesaing untuk produk yang sejenis.
1.
Kekuatan (Strengths)
Kelebihan produk burger adalah pada kepraktisan, dan pada komposisinya yang membuat produk burger ini cukup mengenyangkan
untuk jadi sebuah jajanan. Harga mini burger ini cukup terjangkau oleh
kalangan masyarakat terutama untuk anak anak dan pelajar.
Kualitas dari mini burger ini terjamin, karena
dalam proses pembuatannya diutamakan kebersihan dan sesuai standar kesehatan,
Rasa yang lezat dengan paduan roti berisi daging dan sayuran membuat banyak
penikmatnya. Dan mini burger ini dapat menjadi salah satu alternatif makanan
ringan yang praktis dan hemat
2.
Kelemahan (Weaknesses)
Kelemahan produk
burger ini adalah bahan baku burger yang mudah
rusak. Bahan baku untuk membuat burger ini
akan mudah rusak jika penyimpanan yang dilakukan sembarangan atau tidak
disimpan di dalam lemari es.
3.
Kesempatan (Opportunities)
Kondisi masyarakat yang semakin konsumtif sehingga mempermudah kami
untuk memasarkan produk. Dengan harga yang terjangkau sehingga banyak diminati
setiap orang dari mulai anak-anak, dewasa maupun orang tua.
Peluang-Peluang yang dimiliki oleh produk burger masih sangat terbuka lebar, walaupun banyak sekali jajanan yang ada sekarang ini, namun produk burger
selalu memiliki penikmat sendiri.
4.
Ancaman (Threats)
Ancaman-ancaman
sangat banyak, seperti diketahui bahwa jajanan selain burger sangat banyak
dipasarkan sekarang ini. Disertai dengan Jumlah
kompetitor yang terus meningkat serta Munculnya produk baru yang lebih ungggul
2.2 Bahan Baku
Bahan
baku untuk pembuatan produk burger dapat dirinci sebagai berikut
Bahan-bahan
untuk membuat Burger :
·
Roti
burger
·
Daging
olahan (mini beef burger)
·
Sayuran
(Selada, Timun, dan Tomat)
·
Margarine
·
Saus
tomat
·
Saus
cabai
·
Mayonnaise
Bahan
untuk packing :
·
Styrofoam
·
Plastik
Alat
untuk membuat Burger:
·
Kompor
·
Gas
·
Wajan
atau Teflon
·
Pisau
·
Penjepit
makanan
2.3 Anggaran bahan baku
Bahan bahan (untuk 40pcs Burger) |
Harga |
Roti burger @ 40pcs |
Rp 24.000 |
Daging olahan (mini beef burger) @ 40pcs |
Rp 16.000 |
Sayuran (Selada, Timun, dan Tomat) |
Rp 10.000 |
Margarine (1 kg) |
Rp 16.000 |
Saus tomat (1 kg) |
Rp 15.000 |
Saus cabai (1 kg) |
Rp 15.000 |
Mayonnaise (1 kg) |
Rp 24.000 |
Bahan packing (Styrofoam & plastik) @40pcs |
Rp 10.000 |
|
|
Alat untuk membuat (Fixed Cost) |
(Tidak Dianggarkan) |
Total Variabel Cost |
Rp 130.000 |
Perkiraan Laba/Rugi
Modal sejumlah Rp. 130.000,- mampu untuk memproduksi 40 Burger
HPP = Modal : Produksi
= Rp. 130.000 : 40
= Rp. 3.250,-
Laba yang diinginkan 53,85% = Laba x HPP
= 53,85% x Rp. 3.250,-
= Rp. 1.750,-
Harga Jual (per
porsi) = Total Laba (Rp) + HPP
= Rp. 1.750,- + Rp. 3.250,-
= Rp. 5.000,-/porsi
Keuntungan
yang didapat berhasil menjual 40pcs Burger
Laba / porsi = Rp. 1.750,- x
40
= Rp. 70.000,-
2.4 Proses Pembuatan
Langkah-langkah
dalam pembuatan mini burger :
·
Panaskan
wajan atau Teflon
·
Olesi
permukaan Teflon dengan margarine secukupnya
·
Masukan
beef burger panggang hingga matang
·
Kemudian
olesi roti dengan margarine lalu panggang roti sebentar dengan api kecil.
·
Ada dua
bagian roti atas dan bawah. Bagian atas dan bawah roti diolesi saus tomat dan
cabai serta mayonnaise
·
Lalu
bagian bawah roti disusun , setelah roti bagian bawah kemudian selada, irisan
tomat dan irisan timun lalu beef burger yang sudah di panggang tadi dan
kemudian ditutup dengan roti bagian atas.
·
Burger
siap dihidangkan dan dipacking
2.5
Dokumentasi
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Berdasarkan
pembahasan di atas maka kesimpulan yang dapat digambarkan mengenai proposal
usaha makanan ringan ini yaitu mini burger
bahwa agar produk yang akan dipasarkan ini bisa diterima oleh seluruh kalangan.
Dalam memulai
usaha apapun, maka yang harus diketahui adalah peluang pasar yang dapat
menerima produk kami ini. Peluang usaha sudah merupakan kunci penting dalam
proses pemasaran karena pemasaran akan berjalan dengan lancar apabila sudah
mendapatkan peluang usaha yang kita inginkan.
Komentar
Posting Komentar